Konsultan Kekayaan Intelektual

Konsultan Kekayaan Intelektual adalah Suatu Pekerjaan Dalam Bidang Hukum Yang Mengurusi Masalah Kekayaan Intelektual. Kekayaaan intelektual adalah jenis kekayaan yang memerlukan hak di hadapan hukum sehingga dengan demikian tidak ada yang bisa meniru dan menjiplak kekayaan yang dihasilkan dari intelektualitas atau pemikiran kreatif individu.Di zaman dimana informasi adalah hal yang sangat penting dan bisa didapatkan dengan mudah maka tentunya hak kekayaan intelektual ini menjadi amat penting untuk didapatkan.

Konsultan Kekayaan Intelektual Indonesia

Karena dengan adanya hak kekayaan intelektual di hadapan hukum ini apabila seseorang hendak menggunakan produk atau jasa kekayaan intelektual Anda maka harus membayarkan sejumlah hak royalty kepada pemilik hak kekayaan intelektual tersebut. Sebagai contoh, jika Anda berhasil membuat sebuah lagu untuk dinyanyikan seorang penyanyi, maka agar lagu tersebut tidak ditiru oleh orang lain, maka Anda harus segera mematenkan lagu tersebut sebagai ciptaan Anda, nah pada saat seperti inilah Anda akan membutuhkan seorang konsultan hak kekayaan intelektual yang bisa membantu Anda untuk mengajukan permohonan hak kekayaan intelektual kepada pihak yang berwenang dalam hal ini adalah DJKI atau Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual.

Jika Anda memiliki hak kekayaan intelektual terhadap karya yang Anda ciptakan maka hal itu juga bisa mendatangkan adanya investor yang mungkin tertarik kepada karya yang Anda ciptakan tersebut. Dengan adanya hak kekayaan intelektual maka akan menghindarkan karya Anda untuk diambil oleh orang lain, sehingga dengan demikian tentunya investor menjadi lebih yakin untuk memberikan investasinya karena karya Anda akan tetap  menjadi milik Anda dan tidak sembarang orang bisa mengambilnya.

Dengan demikian maka investasi yang diberikan tidak akan sia-sia dan tidak akan menurun karena adanya penjiplakan dan sebagainya. Lagipula nantinya Anda akan merasa kesal bukan jika kekayaan intelektual yang Anda ciptakan dengan susah payah itu harus diambil oleh orang lain karena kelalaian Anda dalam meremehkan pentingnya hak kekayaan intelektual tersebut. Pastinya adanya hak kekayaan intelektual ini akan melindungi Anda dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengambil alih karya yang Anda ciptakan.

Konsultan kekayaan intelektual ini akan sangat membantu Anda dalam mengajukan permohonan ke DJKI karena mereka sebagai orang yang ahli dalam bidang itu,

jasa Konsultan Kekayaan Intelektual

tentunya memiliki kemampuan dan pengalaman untuk mengajukan permohonan atas hak kekayaan intelektual. Tentunya yang dinamakan konsultan adalah orang yang bisa memberikan Anda saran terkait dengan bidangnya, sehingga sebelum memutuskan untuk mengurus hak kekayaan intelektual maka sebaiknya Anda meminta saran terlebih dulu apakah hal tersebut memang perlu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan hak kekayaan intelektual.

Karena tentunya Anda harus tahu apakah memang tidak ada karya lain yang serupa dengan karya Anda, jika sudah ada sebelumnya dan Anda berusaha untuk mematenkan hak kekayaan intelektual tersebut maka bisa jadi Anda yang dituduh menjiplak, meski sebenarnya Anda tidak tahu bahwa ada karya yang mirip sebelumnya dan sudah terlebih dulu mengajukan hak kekayaan intelektualnya jauh sebelum Anda. Profesi konsultan kekayaan intelektual KI ini tidak sama dengan profesi dalam bidang hukum lainnya seperti misalnya notaris atau hakim. Jika pada kedua profesi tersebut maka ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah notaris atau pun hakim keduanya haruslah merupakan sarjana hukum yang memenuhi syarat lainnya yang ditentukan.

Sedangkan jika Anda ingin menjadi konsultan dalam bidang hak kekayaan intelektual ini maka Anda tidak harus merupakan sarjana hukum, sarjana apapun juga boleh menjadi seorang konsultan dalam bidang hak kekayaan intelektual asalkan memiliki pengetahuan tentangnya dan mampu mengajukan permohonan atas hak kekayaan intelektual itu dengan sebenar-benarnya. Semua konsultan dalam bidang hak kekayaan intelektual di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Konsultan HKI Indonesia.

Konsultan Kekayaan Intelektual

Sebenarnya dalam peraturan pemerintah sama sekali tidak ada yang mengharuskan bahwa profesi ini harus tergabung dalam satu asosiasi, namun tentunya dengan adanya asosiasi ini akan lebih memperkuat profesi konsultan ini. Ada banyak sekali konsultan yang tersebar di Indonesia jika Anda hendak memilih salah satu konsultan di kota Anda, maka akan sangat baik untuk kelangsungan produk atau jasa yang ingin Anda patenkan.

Meski sebelumnya sudah dikatakan bahwa sarjanan dengan bidang ilmu apapun bisa menjadi konsultan kekayaan intelektual. Namun tentunya setelah menyelesaikan pendidikan Anda, agar Anda bisa lebih mengerti tentang profesi ini maka Anda akan menjalani semacam pelatihan yang diberikan oleh Direktur Jendral HKI Indonesia yang biasa dilalui selama beberapa bulan sehingga Anda bisa mempelajarinya dengan baik lalu bisa mempraktekkannya untuk bekal profesi Anda ke depannya.

Biasanya dalam memberikan pelatihan itu maka Direktur Jendral HKI Indonesia itu tidak akan sendirian, biasanya dalam memberikan pelatihan pihak mereka akan bekerjasama dengan lembaga pendidikan lainnya untuk bisa menyelenggarakan pelatihan yang sesuai dengan standar yang baik. Jika Anda ingin mengajukan diri sebagai konsultan kekayaan intelektual HAKI maka Anda harus mengirim berkas Anda yang berupa suratb permohonan tulis, foto, kartu identitras Anda dan juga CV atau riwayat hidup.

Anda juga harus memiliki sertifikat bahasa inggris dengan nilai yang bagus ditambah lagi untuk menjadi seorangn konsultan maka Anda tidak boleh merupakan pegawai negeri sipil. Jika Anda telah mengirim berkas maka akan membutuhkan waktu beberapa saat sebelum akhirnya Anda bisa mendapatkan jawaban tentang lulus atau tidaknya Anda. Pengajuan permohonan menjadi konsultan diajukan kepada Ditjen HKI Indonesia. Setelah Anda lulus maka seperti yang sudah dikatakan sebelumnya Anda akan mengikuti pelatihan sekitar 4 bulan lamanya untuk benar-benar menjadi konsultan.

    Chat WA